Selasa, 07 April 2015

Sel saraf

Sel saraf
Sel saraf (Neuron) adalah unit terkecil dalam system saraf. Ada terdapat 3 bagian sel saraf, yaitu :
·         Badan sel saraf
·         Dendrit
·         Akson




Berikut adalah penjelasan dari Badan sel saraf, Dendrit, dan akson :
·         Badan sel saraf (Perikaion) memiliki inti sel (Nukleus) dan sitoplasma. Badan sel berfungsi untuk mengendalikan metabolism keseluruhan neuron (sel saraf).
·         Dendrit adalah Juluran sitoplasma yang relative pendek dan bercabang-cabang. Dendrit berupa tonjolan protoplasma pada badan sel yang bercabang-cabang. Dendrite tersebut berfungsi untuk menerima impuls (sinyal) dan mengirimkannya dari sel lain lain untuk dikirim ke badan sel (perikarion).
·         Akson adalah juluran sitoplasma yang panjang dengan ujkuran berkisar antara 1 mm-1 m atau cabang tunggal berbentuk silindris yang berasal dari badan sel (perikarion). Akson atau disebut juga dengan neurit. Fungsi dari akson tersebut adalah untuk mengantarkan rangsangan dari badan sel (perikarion) ke sel-sel saraf lainnya.

Macam-Macam sel saraf
Tahukah anda ? sel saraf terbagi menjadi 3, yaitu, selsaraf sensori, sel saraf motor, dan sel saraf konektor (intermediet). Berikut adalah penjelasanya.
·         Sel saraf sensori (aferen) adalah mengantar impuls dari system saraf pusat, yaitu adalah otak (ensefalon) dan sumsum tulang belakang (medulla spinalis). Ujung saraf sensori berhubungan dengan saraf asosiasi (intermediet).
·         Sel saraf motor (eferen) adalah pengirim impuls dari system saraf pusat ke otot tubuh atau kelenjar yang hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap suatu rangsangan. Badan sel saraf motor Terdapat pada system saraf pusat.
·         Sel saraf asosiasi (intermediet) adalah penghubung neuron satu dengan neuron lainnya. Badan sel saraf motor terdapat dalam system saraf pusat. Sel saraf intermediet bekerja dengan menerima impuls dari saraf sensori atau sel saraf asosiasi lainnya.

Klik dibawah ini untuk artikel terkait sistem koordinasi pada manusia :
·         Susunan saraf.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar