Selasa, 14 April 2015

Hukum sains yang terjadi saat kecelakaan

Hukum sains apa yang terjadi saat adanya kecelakaan ?
Ok, menanggapi pertanyaan tersebut, tim All About Knowledge akan memberikan penjelasan tentang, Hukum sains yang terjadi saat ada kecelakaan?, berikut penjelasanya ^^…………..
Jika anda melihat suatu kejadian, kita ambil saja contohnya, mobil melawan mobil, sebagian besar kasus) dala kecelakaan mobil diam ditempat setelah benturan terjadi dan ada juga yang terdorong balik ke belakang karena dorongan dari salah satu mobil yang dilawannya, apa sebab nya, itu semua karena adanya sains terjadi^^ (menurut all about knowledge) ^^………
Penyebabnya adalah :
Ketika terjadi kecelakaan, contohnya, Mobil melawan mobil maka ketika tabrakan terjadi maka kadang benda akan diam ditempat setelah terjadi tumbukan anatara keduanya, atau salah satu mobil  terbawa oleh mobil lawan nya karena lebih kuat nya tumbukan dari salah satu mobil. karena terjadinya gaya Tumbukan tidak lenting sama sekali, yaitu, benda satu dan benda yang lain mengalami tumbukan (benturan) yang berlawanan arah setelah terjadi tumbukan akan diam ditempat atau terbawa oleh benda lain yang melawannya.
Tumbukan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :
·         Tumbukan Lenting Sempurna (Tumbukan Elastis).
·         Tumbukan Lenting sebagian.
·         Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali.
1.      Contoh dari benda yang mengalami tumbukan akan dia ditempat adalah :

Ada suatu tabrakan mobil melawan mobil, sama-sama mini bus. Kedua mobil diam di tempat tabrakan secara mepet dan berhadapan, kenapa ?, karena kedua mobil memiliki  :
1.       Ukuran yang sama
2.       Tenaga yang sama
3.       Berat yang sama
4.       Kecepatan saat terjadi tumbukan sama



Mobil pasti akan mengalami penyok  dan hancur, itu semua karena adanya hukum III newton, nah lo….. ke hukum newton lagi kan ^^. hukum III newton menyatakan : Bahwa, setiap aksi memiliki reaksi berlawanan yang sama besarnya.
Oleh sebab itu, semakin cepat laju kendaraan sebuah benda, maka akan semakin besar dampak nya, ya itu tadi contoh nya mobil penyok, semakin laju mobilnya akan semakin hancur.
Jadi, ketika kecelakaan terjadi, ada sains yang terjadi dalam peritiwa tersebut….

2.      Contoh dari benda yang mengalami tumbukan terbawa oleh benda lain yang melawannya adalah :
Ada mobil mini bus dengan truk container atau bus. ketika benturan terjadi mobil saling berhadapan, setelah benturan terjadi, mobil mini bus memantul bergerak kebelakang, kenapa ? karena mobil mini bus kalah dalam hal :
1.       Kalah berat
2.       Kalah besar
3.       Kalah kuat



Bagaimana ? anda sudah tau hukum sains apa yang terjadi saat ada kecelakaan, semoga bermanfaat ya ^^  dikehidupan kita ini kita penuh dikelilingi oleh ilmu sains yang tidak kita sadari jadi, jangan heran^^

Jangan lupa tinggalkan komentar ya ^^….

4 komentar :

  1. WAH... ada hukum sainsnya juga bos.... fisika mungkin ya.... kan do SMA ada rumus tubrukan tu.... mantap ni..... bermanfaat sekali... lanjtkan bos

    BalasHapus
  2. bener gan. apa yang terjadi di sekitar kita bisa dijelasin pake sains cuma kitanya aja yang gak paham2

    BalasHapus
  3. nice info gan , kebetulan ane suka ipa gan, kalo boleh tau ini materi kelas berapa ?

    BalasHapus