Minggu, 12 April 2015

Faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya internet

Faktor yang mempengaruhi kecepatan internet
Seringkali kita merasa bosan ketika kita sedang browsing di internet karena koneksinya yang lambat, bahkan sampai membuat seseorang jengkel. Itu semua sebenarnya ada yang mempengaruhinya, sehingga akses internet kita sangat lambat, seperti kita membuka sebuah situs yang tampilan situs nya lama sekali keluarnya. Nah, untuk itu, di blog saya kali ini, All About Knowledge, akan membahas faktor apa saja kah yang mempengaruhi akses internet. Berikut penjelasannya, semoga bermanfaat ya ^^.
Faktor yang mempengaruhi akses internet adalah :

1.       MODEM.
Modem adalah hal yang sangat pasti dalam akses internet, karena melalui modem lah koneksi internet dihubungkan. Modem sangat berpengaruh besar terhadap kecepatan akses internet karena alat ini berhubungan secara langsung dengan saluran komunikasi ke internet. Modem memiliki beberapa model, contohnya Modem dial up analog, mempunyai kecepatan yang berkisar di 56 kbps. Contoh modem lainya adalah Modem DSL (digital subscriber line) yang mempunyai kecepatan lebih tinggi dari modem analog, yaitu mencapai kecepatan 256 kbps atau lebih.

2.      Spesifikasi Komputer.
Spesifikasi computer juga sangat berpengaruh terhadap akses internet, apa penyebabnya ?, penyebabnya adalah karena untuk memperoleh akses internet yang cepat memerlukan dukungan dari perangkat keras yang memadai dalam computer, seperti, Memori (RAM), prosesor, dan VGA card.

3.      Kualitas Jaringan Telekomunikasi.
Kualitas jaringan telekomunikasi berpengaruh terhadap kecepatan akses internet karena jika di suatu daerah tertentu, kualitas jaringan telekomunikasi nya masih rendak maka akan memperlambat akses ke internet, terutama untuk modem yang menggunakan teknologi wireless. Biasanya kualitas jaringan modem wireless itu karena disebabkan oleh cuaca dan tingginya bangunan yang menutupi lokasi jangkauan sinyal.

4.      Jumlah Pengakses Internet Dalam Jaringan.
Artinya jika banyak pemakai jaringan internet secara bersamaan, maka jaringan akses internet akan sibuk, sehingga memperlambat akses kita ke internet, contoh nya adalah warnet, jika di warnet tersebut terdapat 10 komputer yang online secara bersamaan, maka koneksi nya akan lambat karena disebabkan oleh satu jalur internet dibagi-bagi, sehingga koneksi akan tersendat-sendat seperti halnya jalan raya yang padat, maka akan terjadi macet dan jalan yang lambat. Banding kan dengan jika anda hanya seorang diri memakai jaringan diwarnet, maka kecepatan nya akan sangat cepat, karena jaringan nya hanya untuk anda sendiri arahnya.

5.      Jumlah Pengakses Situs Web.
Jika sebuah situ diakses secara bersamaan oleh ratusan bahkan ribuan orang, maka akses ke situs tersebut akan lambat karena padat nya orang yang masuk ke situ tersebut, contohnya dapat diibaratkan dengan anda mengantri mengisi BBM di SPBU, jika banyak orang yang mengisi BBM secara bersamaan, maka akan terjadi antrian di SPBU tersebut, sehingga akan berjalan dengan lambat, seperti itulah akses ke sebuah situs jika terjadi secara bersamaan.

6.      Kualitas Situs Web.
Jika anda mengakses sebuah situs web resmi atau perusahaan besar, maka akses akan berlangsung dengan cepat, kenapa ?, karena biasanya situs resmi atau perusahaan besar dibangun atau dibuat oleh para tenaga ahli pembuat situs (WEB DEVELOPER), dan juga mereka menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras yang canggih, itu lah sebab nya kenapa situs resmi atau perusahaan besar bias cepat diakses.


Sekian penjelasan saya tentang faktor yang mempengaruhi akses internet, semoga menambah pengetahuan anda… ^^

5 komentar :

  1. Bro mau tanyak, antara siang dan malam lebih cepat koneksi yang mana??

    BalasHapus
  2. malam gan, soal nya jaringan koneksi udah pada nggk sibuk, soal nya orang udah pada istirahat :)

    BalasHapus
  3. kualitas server web juga sangat berpengaruh.. kadang ada web yg cepet loadingnya, kadang ada yg lama.. padahal kecepatan askes internetnya sama.. :)

    Windows & ASP.NET Web Hosting Indonesia : http://jaringanhosting.com

    BalasHapus
  4. terimakasih gan buat tambahan nya :)

    BalasHapus
  5. nice gan jadi lebih tau tentang internet nih

    http://www.geruang.com/2015/06/5-menu-sahur-yang-membuat-kita-kenyang.html

    BalasHapus