Minggu, 29 Maret 2015

Kuyang

Cerita tentang Kuyang
               

Kuyang adalah makhluk  jadi-jadian, berasal dari manusia yang masih hidup, jadi kuyang adalah manusia yang mempunyai ilmu gaib untuk merubah dirinya menjadi kahluk jadi-jadian, yaitu kuyang.
Makhluk itu sangat ditakuti oleh penduduk daerah aliran sungai Kahayan seperti orang Dayak Ngaju dan Ot Danum, Kalimantan tengah, tidak hanya daerah itu, bahkan di daerah seperti Kalimantan timur, Kalimantan dan daerah Indonesia lainnya pun juga ada cerita tentang kuyang tersebut.
Hantu kuyang dapat melepaskan kepalanya dari tubuh nya, sehingga hanya organ tubuh dalam nya saja yang bergelantungan menjuntai kebawah. Kuyang berjalan dengan cara terbang. Hantu kuyang biasanya mencari orang yang sedang melahirkan dan bayi yang baru lahir untuk menghisap darah nya, semua itu sebenarnya dilakukan dengan tidak sadar oleh makhluk itu sendiri. hantu kuyang itu sendiri mirip dengan Leak yang berasal dari bali.
Di berbagai daerah, cerita kuyang berbeda-beda asal usulnya, ada yang menceritakan bahwa hantu kuyang berubah dengan mengoleskan minyak dilehernya, dan melakukan ritual, lalu terlepaslah kepalanya dari tubuh nya, tapi di daerah lain dikisahkan bahwa kuyang itu adalah ilmu turunan. Terlepas dari kisah itu semua, intinya kuyang adalah seorang wanita yang berubah menjadi hantu tanps tubuh yang hanya kepala dan organ tubuh nya yang bergelantungan untuk menyempurnakan kesaktiannya, ada yang berupa untuk kesugihan, ada pula untuk awet muda dan mempercantik diri dengan menghisap darah manusia, biasanya darah yang diisap adalah darah perempuan yang sedang hamil, datang bulan atau sedang melahirkan. Disuatu daerah dipercaya kisah jika seorang jelmaan kuyang memiliki goresan goresan disekeliling lehernya.
Jika siang hari manusia jelmaan kuyang adalah manusia biasa, tapi jika malam dia berubah menjadi sesosok makhluk kepala tanpa badan yaitu kuyang.
kuyang terbang dimalam hari, berwarna merah diatas langit, apa lagi jika ada orang yang sedang melahirkan, dipercaya kuyang biasanya terlihat mondar-mandir disekitar atas rumah mencari buruannya, maka dari sebab itu biasanya jika ada orang yang sedang melahirkan mereka memasang syarat atau penangkal kuyang itu agar kuyang tidak berani masuk kerumah berdasarkan asal dari daerah masing-masing.
contoh sesuduk (spatula kayu)
Dikalimantan tengah, cara menjatuhkan kuyang adalah dengan melambaikan sesuduk (sebutan orang dayak Kalimantan tengah untuk benda seperti spatula terbuat dari kayu yang biasanya untuk mengaduk nasi). Konon katanya, jika sesuduk dilambaikan kearah kuyang yang sedang terbang, kuyang tersebut akan jatuh, tetapi jika orang yang membuatnya jatuh tidak menghampirinya dan mengembalikannya ketubunya berada, maka orang tersebut akan dihantui dengan suara-suara tangisan dan perintah dari kuyang tersebut untuk mengembalikanya ketempat yang dimintanya.

Itulah cerita tentang kuyang, semoga menambah pengetahuan anda ^^ terimakasih sudah berkunjung, baca juga rtikel yang lainya ya, pilih dimenu atau dikategori yang ada ^^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar