Sabtu, 21 Februari 2015

Nama-nama Organisasi Dunia



·                    Setiap organisasi nasional maupun organisasi internasional mempunyai tujuan masing-masing, dan kalau dilihat secara menyeluruh, maka macam-macam organisasi internasional diantaranya adalah sebagai berikut:
1.            ASEAN = Association of Southeast Asian Nations
2.            UNICEF = United Nations International Childrens Emergency Fund
3.            UNESCO = the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization
4.            UNCHR = United Nations Commission on Human Rights
5.            UNDPR = The United Nations Division for Palestinian Rights
6.            UNHCR = Uited Nations High Commissioner for Refugees
7.            OPEC = Organization of the Petroleum Exporting Countries
8.            WHO = World Health Organization
9.            NATO = North Atlantic Treaty Organisation
10.          NGO = Non-Governmental Organizations

·                  Macam-macam organisasi internasional:

1. NATO (North Atlantic Treaty Organizations)

NATO adalah organisasi kerja sama regional yang dititikberatkan pada pertahanan dan keamanan. NATO dibentuk tanggal 4 april 1949 di brussel, belgia. NATO didirikan akibat semakin meluasnya pengaruh Uni Soviet atau paham komunis di Eropa Barat serta memuncaknya ketegangan dan persaingan negara superpower Amerika Serikat dan Uni Soviet sebelum berakhimya Perang Dunia II. Tujuan didirikanya NATO adalah memebela negara anggota yang diserang, dengan prinsip satu anggota diserang berarti menyerang seluruh anggota NATO, membantu menjaga ketertiban dan perdamaian dunia, sserta membantu menyelesaikan masalah politik dan militer.

2. WHO (World Health Organization)

WHO adalah salah satu lembaga PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional. WHO berdiri pada tanggal 7 april 1948 di Jenewa, Swiss. WHO didirikan dengan tujuan agar semua orang mencapai tingkat kesehatan tertinggi yang paling memungkinkan dengan tugas utama membasmi penyakit menular yang telah menyebar luas.

3. UNICEF (United Nations International Childrens Emergency Fund)

Unicef didirikan untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang kepada anak-anak dan ibunya di negara berkembang. Unicef didirikan pada 11 desember 1946.

4. UNESCO

Didirikan pada tahun 1945. Dalam Artikel 1 dari konstitusi UNESCO “UNESCO merupakan organisasi PBB yang didirikan untuk mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui ilmu pengetahuan,pendidikan dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, HAM, peraturan hukum, dan kebebasan hakiki”.

5. UNCHR (United Nations Commission on Human Rights)

UNCHR adalah komisi hak asasi manusia yang merupakan bagian dari PBB. Lemabaga ini menangani tentang hak asasi manusia.

6. ASEAN (Association of Southeast Asian Nations)

ASEAN merupakan perhimpunan bangsa-bangsa di kawasan asia tenggara.lembaga ini didirikan pada 8 agustus 1967 di bangkok. ASEAN bertujuan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi,penegembangan kebudayaan negara anggotanya, kemajuan sosial, memajukan perdamaian dan stabilitas ditingkat regional, juga meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

7. OPEC (organizations of the Petroleum Exporting Countries )

OPEC didirikan pada tanggal 14 september 1960 di bagdad, Irak. Tujuan didirikannya OPEC adalah menentukan harga minyak bumi di pasaran internasional, menentukan jumlah produksi minyak bumi dari OPEC serta kuota produksi minyak bumi dari setiap anggota.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar